Apa saja gangguan jiwa yang sering ditemui?

Skizofrenia

Ditandai dengan adanya halusinasi (gangguan persepsi panca indera, missalnya mendengan bisikan atau melihat bayangan yang tidak ada sumbernya), delusi/waham (keyakinan yang salah, tidak sesuai realita/logika), gangguan pada pikiran, pembicaraan dan perilaku serta emosi yang tidak sesuai.

Depresi

Munculnya perasaan yang sedih dan kehilangan minat terhadap segala sesuatu. Pasien dapat mengungkapkan bahwa mereka merasa bersalah, tidak ada harapan, dan tidak berharga. Mudah Lelah dan nyeri di beberapa bagian tubuh sering juga dikeluhkan oleh pasien, disertai dengan gangguan pada pola makan dan tidur. Beberapa pasien memiliki risiko untuk bunuh diri pada gangguan ini.

Gangguan Bipolar

Perubahan mood yang naik turun menjadi ciri gangguan ini. Mood yang meningkat (manik/mania/hipomanik) ditandai dengan ide-ide kebesaran, energi yang berlebih, banyak bicara, tidak butuh tidur, banyak ide, dan sering melakukan perilaku yang berisiko. Pada episode selanjutnya dapat terjadi penurunan mood yang disebut depresi, ditandai dengan gejala-gejala seperti di atas.

Ansietas/cemas

Perasaan yang tidak menyenangkan, cemas/khawatir tanpa sebab yang jelas, seringkali disertai oleh gejala otonomik, seperti nyeri kepala, berkeringat, jantung berdebar, sesak nafas, seperti tercekik, mual, muntah, diare, kesemutan, gelisah, dan sebagainya.